PKS PT.Gora Mandau Sawit Diduga Beroperasional Tanpa Kantongin Izin, LSM ini Minta Ketegasan Pemkab Bengkalis

35
BERBAGI

Ajar.or.id,Duri (Bengkalis) – Keberadaan perusahaan pabrik kelapa sawit PT Gora Mandau Sawit yang terletak di Desa Harapan Baru, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis jadi sorotan.

Hal ini disebabkan lantaran operasional mobil-mobil truk yang melintas ke kawasan pabrik menyebabkan jalanan di wilayah desa itu menjadi rusak.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lidik Kasus Kabupaten Bengkalis, Firdaus Saputra menjelaskan, bahwa sejak perusahaan itu beroperasi, jalanan di kawasan tersebut rusak. Bahkan ia juga menemukan kejanggalan terkait pengelolaan limbah dari pabrik tersebut.

“Kami menemukan tata kelola limbah yang terlalu amburadul yang akan menyebabkan perusakan lingkungan sekitar, bahkan jalan antar desa pun hancur yang diduga disebabkan oleh kendaraan pengangkut berondolan sawit dan pengangkut CPO milik Pabrik Kelapa Sawit PT. Gora Mandau Sawit,” kata Firdaus didampingi Sekretaris, Suhardi, senin (9/8/2021).

Pihaknya meminta kepada Pemerintah Daerah Bengkalis dan juga Dinas terkait agar turun melakukan inspeksi di lapangan dan menyegel serta membongkar PKS PT. Gora Mandau Sawit yang diduga merugikan Negara dan Masyarakat Karena diduga kuat perusahaan itu, kata Firdaus, tidak memiliki izin mendirikan bangunan ( IMB ) ,izin operasional dan IUP.

“Berdasarkan hasil investigasi kami ke lapangan pabrik ini baru mengurus izin mendirikan bangunan ( IMB ) setelah pabrik tersebut jadi dan telah beroperasi, dan sampai hari ini pabrik tersebut mengolah berondolan sawit tanpa mengantongin izin ( IMB dan IUP ) hal ini tentunya adalah perbuatan melawan hukum dengan beroperasinya pabrik tanpa izin akan terjadinya dugaan praktik penggelapan pajak sehingga menyebabkan kerugian Negara ataupun tidak berdampak pada PAD Kabupaten Bengkalis, perbuatan seperti ini bisa di Pidana dan akan kita laporkan ke pihak penegak hukum” ungkapnya.

Firdaus meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis maupun Dinas terkait agar segera memberikan tindakan tegas terhadap PT. Gora Mandau Sawit yang terkesan tidak menghargai Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis dan diduga kebal hukum.

“Hal ini tentunya demi kemaslahatan masyarakat, bayangkan saja jika tidak ada izin dan menyebabkan lingkungan rusak, yang dirugikan itu masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Pimpinan PT Gora Mandau Sawit saat dikonfirmasi mengatakan bahwa izin sudah di urus dan udah sidang, malah sudah di buat surat dari dinas PUPR tapi sampai saat ini belum di tanda tangani oleh kepala dinas untuk di teruskan ke Dinas Penanaman Modal Kabupaten Bengkalis,”jelasnya

Kepala dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu Basuki Rakhmad AP, M.Sisaat di konfirmasi senin (09/08/2021) mengatakan bahwa terkait izin pendirian pabrik kelapa sawit PT.Gora Mandau Sawit bahwa izin IMB (Izin Mendirikan Bangunan)  mereka masih dalam proses di dinas PUPR kabupaten bengkalis dan belum siap sampai saat ini.

Lanjut firdaus kepada awak media mengatakan kalau ternyata izin belum clear semuanya harusnya pihak perusahaan tidak melakukan kegiatan dahulu sampai dengan keluar surat izin pendukung lainya.

Kami hari ini juga akan  segera membuat pengaduan dari LSM Lidik Kasus dan LSM Lingkungan terkait permasalahan ini ke Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu di bengkalis dan juga akan kami tebuskan ke dinas DLHK Provinsi, Dinas Perkebunan Provinsi dan Gakkum KLHK Seksi II di Pekanbaru,”tutup firdaus….Bersambung.(Team Ajar)